Mencari Tahu Penyebab Ac Mobilio Tidak Dingin

Sudah lama memiliki mobilio, namun semakin lama mengendarai semakin berkurang rasa dingin dari AC Mobil. Pasti anda akan merasa anda perlu mengganti atau memperbaiki AC anda, namun anda perlu tahu sebelum melakukan pergantian.

Bila anda melakukan pergantian AC tanpa mengetahui sebabnya, itu akan membuat anda mudah sekali mengalami penipuan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Maka akan sangat bagus untuk anda, apabila anda mengetahui terlebih dahulu sebelum melakukan pergantian atau perbaikan pada AC anda.


Inilah beberapa hal yang membuat AC Mobilio tidak dingin seperti biasanya:

1.    Mulai berkurangnya Freon

Pasti banyak diantara para pengguna mobil mendapati tukang servis yang mengatakan, apabila AC mengalami kerusakan itu disebabkan oleh berkurangnya Freon mobil.

Pada dasarnya Freon mobil itu tidak mengalami pengurangan atau bahkan sampai habis, lain halnya apabila Freon mengalami kebocoran otomatis isi Freon tersebut akan berkurang sedikit demi sedikit.

Kalau memang terbukti bocor, cobalah menanyakan dibagian mananya yang mengalami kebocoran, jangan langsung mengiyakan apabila pekerja bengkel mengatakan Freon anda mengalami kebocoran sebelum anda menanyakan bagian mana yang mengalami kebocoran.

2.    Terlalu kotornya kondensor

Kondensor memiliki fungsi sebagai pengipas bagian Freon agar tidak mengalami overheating saat bekerja, semakin bagus kerja kondensor maka semakin bagus pula kinerja AC.

Namun hal ini dapat menyebabkan AC tidak bisa mengeluarkan suhu sejuk lagi bila kondensor terlalu kotor, sehingga sirkulasi udara yang disalurkan ke Freon menjadi terhambat.

3.    Evaporator tersumbat

Hampir sama dengan kondensor, anda juga perlu menjaga kebersihan evopator bila AC anda mengalami kerusakan. Bisa saja hal yang membuat AC anda tidak dingin adalah tersumbatnya Evaporator sehingga AC anda tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Setelah mengetahui penyebab tidak dinginnya AC, anda dapat mengetahui cara memperbaikinya dengan melihat poin- poin dibawah ini:

-          Memasang Filter AC pada rumah blower

-          Memeriksa kondisi filter AC

-          Mengganti filter kabin AC

Itulah beberapa tips yang perlu anda ketahui apabila mobilio anda mengalami kerusakan pada bagian AC.