5 Manfaat & Cara Klaim Asuransi Online Perjalanan yang Tepat

Banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat dari asuransi online atau yang konvensional untuk perjalanan. Oleh sebab itu, mereka acuh tak acuh untuk memilikinya. Sebenarnya, asuransi ini menawarkan banyak manfaat untuk para penggunanya, terlebih untuk Anda yang doyan melancong, lho! Apa saja? Bagaimana pula cara klaim asuransi itu?
Manfaat Asuransi Perjalanan

1. Biaya Perawatan Medis

Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan dari asuransi perjalanan adalah mendapat biaya perawatan medis bila musibah tak terduga datang. Misalnya saja Anda mengalami sakit akibat cuaca yang ekstrem. Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya perawatan di luar negeri yang mahal karena sudah ter-cover dengan asuransi perjalanan.

2. Sumbangan Atas Kematian

Bagaimana bila Anda malah meninggal selama liburan? Tenang, asuransi perjalanan juga akan memberikan sesuatu untuk Anda. Ia adalah sumbangan atas kematian atau biaya santunan. Memang, Anda akan mendapat biaya santunan dari pihak maskapai bila kecelakaan terjadi di pesawat, namun pihak asuransi juga akan memberikannya.

3. Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Penerbangan

Hal paling menyebalkan saat ingin liburan adalah keterlambatan pesawat. Ini cukup sering terjadi, lho! Pihak asuransi juga akan mengganti rugi atas keterlambatan penerbangan yang Anda alami. Lalu, bagaimana bila malah batal sama sekali? Tenang, phak asuransi juga akan melakukan penggantian rugi dengan syarat dan kondisi yang sudah ditetapkan.

4. Ganti Rugi Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Selain itu, baik asuransi online atau konvensional untuk perjalanan juga akan memberikan ganti rugi pada Anda bila terjadi kerusakan atau kehilangan bagasi. Ini cukup sering terjadi, lho! Ada yang mengatakan bahwa barang Anda memang sengaja dicek saat penurunan bagasi sehingga terjadi kerusakan. Oleh sebab itu, bila hal ini terjadi, Anda tak usah khawatir.




5. Terorisme dan Bencana Alam

Selain beberapa manfaat di atas, Anda juga akan mendapat manfaat dari asuransi berupa ganti rugi terhadap kejadian yang sulit ditebak seperti adanya terorisme atau bencana alam di tempat Anda berlibur. Namun, sayangnya tidak semua produk asuransi menyediakan hal ini. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mencari asuransi yang meng-cover hal ini.

Lalu, Bagaimana Cara Klaim Asuransi Perjalanan?

Selain manfaat, hal lain yang biasanya ditanyakan orang sebelum membeli sebuah asuransi untuk perjalanan adalah bagaimana cara klaim dari asuransi perjalanan tersebut. Sebenarnya, setiap produk asuransi memberikan cara klaim dan detail yang berbeda-beda. Namun, bila ditarik secara umum, biasanya Anda harus melakukan pemberitahuan tertulis lebih dulu.

Pemberitahuan tertulis ini biasanya paling lambat harus diterima pihak asuransi 14 hari setelah kejadian. Bila hal ini diterima setelah waktu itu, biasanya klaim asuransi tidak akan diproses. Setelah itu, Anda juga diwajibkan untuk mengisi formulir klaim dan menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Anda akan diberi waktu untuk memenuhi semua ini. Biasanya, waktu yang diperlukan tersebut berkisar 180 hari setelah pelaporan dilakukan. Dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan klaim terdiri atas formulir klaim, fotokopi identitas diri, tiket, serta sertifikat asuransi.

Nah, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari memiliki asuransi online atau konvensional untuk perjalanan, kan? Masa iya Anda ingin melewatkan semua? Apalagi, proses klaim asuransi ini juga tak terlalu ribet. Asal Anda memenuhi semua persyaratan yang ada, Anda bisa melakukan klaim dengan mudah dan memperoleh premi sesuai kesepakatan.